About Me
- Unknown
Total Tayangan Halaman
Diberdayakan oleh Blogger.
Translate
Blog Archive
-
▼
2014
(
10
)
-
▼
Januari
(
10
)
- 10 Cara Memunculkan Tantangan Kerja
- 7 Tips Performance Management Sederhana
- KM Ala Semen Indonesia, Dimulai dari Kegiatan Info...
- 13 Kunci Marketing 2013 ala Hermawan Kartajaya
- Salah satu tempat wisata di Gresik
- Kiat Menjaga Kesehatan Bagi Yang Bekerja Dengan Ko...
- PENGENALAN DREAMWEAVER 8
- Bermain Game Dapat Menyebabkan Kematian
- Keunggulan Game GTA
- Kisah sukses John Pieter yang berangkat dari Pemul...
-
▼
Januari
(
10
)
Popular Posts
-
Pantai Delegan sangat cocok untuk wisata Pantai ini terletak di desa Delegan Kecamatan Panceng dari Gresik kota berjarak sekitar 40 km, ...
-
Game adalah hiburan yang paling menarik. Bermain game bagi orang tua dan anak anak cenderung akan mengakibatkan kecanduan. Namun bermain...
-
John Pieter adalah seorang mahasiswa jurusan Kimia, Institut Teknologi Bandung (ITB), dengan semangat pantang menyerah membuat John Pie...
-
Beberapa Bahaya Mengerikan Memakai Headset | Sebuah penelitian menunjukan bahwa menggunakan headset yang terlalu sering bisa memberikan ...
-
PPIC atau Perencanaan Produksi dan Pengendalian Persediaan adalah departemen yang menjembatani departemen Marketing dengan departemen-dep...
-
Berikut beberapa tips dari pakar kesehatan bagi anda yang suka berlama-lama di depan komputer baik yang sedang bekerja maupun yang hanya se...
-
Manfaat Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh Kelor ( Moringa oleifera ), tanaman ini memiliki zat-zat kimia yang terkandung pada da...
-
13 Kunci Marketing 2013 Konsep marketing terus berkembang dari waktu ke waktu. Globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologipun...
-
Dreamweaver adalah sebuah program yang digunakan untuk membuat sebuah website dengan cara mendesain dan memprogram secara langsung.did...
-
Mengusung budaya continuous learning , yaitu budaya sharing dan belajar, itulah resep Semen Indonesia menyukseskan implementasi Knowledge...
Blogger news
Blogroll
Blogger templates
13 Kunci Marketing 2013 ala Hermawan Kartajaya
13 Kunci Marketing 2013
Konsep
marketing terus berkembang dari waktu ke waktu. Globalisasi dan pesatnya
perkembangan teknologipun mengharuskan perusahaan memiliki strategi
marketing yang jitu. Untuk tahun depan, guru marketing Hermawan
Kartajaya membeberkannya dalam tahunan marketing event terbesar di Asia
Tenggara. Yakni MarkPlus Conference 2013 yang mengusung tema "Marketing:
Into Innovation and Technology. The World is Shaking, Indonesia is
Standing. How about You?"
"Ada
13 kunci yang harus diperhatikan semua marketer, saya menyebutnya game
changer [pengubah permainan]," kata Hermawan. "Dengan memahami
ini, marketing akan berhasil," imbuhnya. "Apa saja itu?"
Pertama, Connectivityo
[konektivitas].
Menurut
dia, konektivitas merupakan kunci bagi seorang marketer untuk
memperkenalkan produknya. Dia menyebut Duta Besar RI untuk Amerika Serikat [AS]
Dino Patti Djalal sebagai contoh sukses marketer yang meng-connect-kan
warga Indonesia di AS melalui Konggres Diaspora Indonesia 2012 di Los
Angeles-AS, Juli lalu.
Kedua, Community
[komunitas].
Hermawan
mengatakan, semua marketer harus paham bahwa customer bukanlah
manusia individual, melainkan makhluk sosial. "Karena itu, bentuklah
komunitas atau masuklah ke komunitas," katanya.
Ketiga, Confirmation [konfirmasi].
Dia
menyebut, setiap kegiatan marketing harus bisa dikonfirmasi. Dia
mencontohkan, kegiatan Jokowi ketika kampanye Pilgub DKI Jakarta yang blusukan
kekampung-kampung, baru bisa terkonfirmasi ketika mendapat sambutan hangat dari
masyarakat. Sebaliknya, ketika strategi itu tidak mendapat tanggapan positif,
itu berarti strateginya salah.
Keempat, Clarification
[klarifikasi].
Menurut
dia, setiap proses marketing harus bisa diklarifikasi kebenarannya atau
bisa diaplikasikan dilapangan. Misalnya, Daihatsu yang mengampanyekan slogan "Daihatsu
Sahabatku". Ketika pelayanan terhadap customer membaik,
marketing bisa dikatakan berhasil.
Kelima, Codification [kodifikasi].
Kelima, Codification [kodifikasi].
Hermawan
mengatakan, marketer harus bisa menciptakan identitas produk yang spesial dan
menjadi ikon. Dicontohkan, Hotel Santika yang kental ciri Indonesianya,
demikian pula Garuda Indonesia yang menjadi ikon Indonesia.
Keenam, Co-creation.
Menurut
Hermawan, marketer harus bisa membuka kesempatan bagi customer untuk
eksis dan berkreasi. Misalnya Kompasiana yang memberi kesempatan pembaca
untuk bisa untuk menyumbangkan artikel.
Ketujuh, Currency [mata
uang].
Konsep
harga harus seperti mata uang yang bisa naik turun. Contohnya, konsep bisnis
Tune Hotels yang bertarif murah. "Tapi kalau mau pakai AC[pendingin],
televisi, tambah bayar, jadi konsumen bisa menyesuaikan produk yang ingin
didapat sesuai dengan kemampuannya." ujarnya.
Kedelapan, Communal Activation [aktivasi komunitas].
Kedelapan, Communal Activation [aktivasi komunitas].
Kata
dia, sangat penting untuk memberikan kesempatan pasar untuk terlibat dalam
komunitas. Misalnya, strategi operator seluler XL yang menurunkan harga
sehingga membuat banyak orang bisa menjangkau telepon seluler.
Kesembilan, Conversation [obrolan].
Customer
kini bukan lagi kelompok yang suka dihujani dengan promosi, tapi kelompok yang
suka diajak ngobrol dan berbagi informasi. Contohnya, sukses BNI dengan akun twitter-nya.
Kesepuluh, Commercialization [komersialisasi].
Konsep
ini mirip dengan prinsip friendship atau persahabatan. Artinya, sebuah produk
harus bisa menjalin hubungan saling menguntungkan dengan customer. Contohnya
mesin pencari Google. "Kita untung karena bisa akses gratis, Google untung
karena dapat iklan", ucapnya.
Kesebelas, Character [karakter].
Kesebelas, Character [karakter].
Produk
yang sukses adalah yang berkarakter dan karakter tersebut tertanam dalam benak customer.
Keduabelas, Care [perhatian].
Keduabelas, Care [perhatian].
Menurut
dia, perusahaan harus bisa menunjukkan perhatian pada customer-nya.
"Contohnya KAI [Kereta Api Indonesia] yang menyediakan gerbong khusus
perempuan. Ini terobosan yang layak diapresiasi," ujarnya.
Ketigabelas, Collaboration
[kolaborasi].
Disini,
perusahaan harus bisa mengindentifikasi peluang kolaborasi dengan pihak lain
untuk meningkatkan layanan bagi customer. "Misalnya Garuda yang
berkolaborasi dengan imigrasi yang memudahkan penumpang untuk proses immigrasion
on board," katanya.
Selain
ke-13 kunci tersebut, tren marketing ke depan harus bisa menyasar tiga target
utama. Yakni Youth [anak muda], Women [perempuan] dan Netizen [pengguna
internet]. "Sebab, inilah pasar terbesar, inilah pasar masa depan,"
ujarnya.
Hermawan
menyebut, strategi Azrul Ananda di Jawa Pos dengan rubrik Deteksi merupakan
kisah sukses perusahaan yang membidik pasar anak muda.
"Jika sampai produk Anda disukai orangtua tapi dibenci anak muda, maka tak lama lagi akan habis," katanya.
"Jika sampai produk Anda disukai orangtua tapi dibenci anak muda, maka tak lama lagi akan habis," katanya.
Kelompok
Women, sambung dia, makin signifikan. Setengah bercanda, dia menyebut akronim SUAMI
dengan Semua Uangmu Adalah Milik Istrimu.
"Perempuan adalah CFO[Chief Financial Officer atau direktur keuangan] keluarga. Perempuanlah yang sering menentukan produk apa yang akan dibeli," ucapnya.
"Perempuan adalah CFO[Chief Financial Officer atau direktur keuangan] keluarga. Perempuanlah yang sering menentukan produk apa yang akan dibeli," ucapnya.
Terakhir,
pasar signifikan selanjutnya adalah Netizen. Penetrasi internet
membuat jumlah pengguna makin membesar. Karena itu, sebuah produk harus bisa
mendekati komunitas netizen. "Ingat, jangan sampai produk Anda
dimusuhi netizen. Jika itu terjadi, maka Anda akan dihajar habis-habisan lewat
sosial media," ujarnya.
Sumber :
www.markplusnco.com
Sumber :
www.markplusnco.com
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
musik
Labels
Blog Archive
-
▼
2014
(10)
-
▼
Januari
(10)
- 10 Cara Memunculkan Tantangan Kerja
- 7 Tips Performance Management Sederhana
- KM Ala Semen Indonesia, Dimulai dari Kegiatan Info...
- 13 Kunci Marketing 2013 ala Hermawan Kartajaya
- Salah satu tempat wisata di Gresik
- Kiat Menjaga Kesehatan Bagi Yang Bekerja Dengan Ko...
- PENGENALAN DREAMWEAVER 8
- Bermain Game Dapat Menyebabkan Kematian
- Keunggulan Game GTA
- Kisah sukses John Pieter yang berangkat dari Pemul...
-
▼
Januari
(10)
0 komentar:
Posting Komentar